Jumat, 01 Januari 2010

Pengenalan MATLAB


MATLAB atau Matrix Laboratory adalah suatu aplikasi berbasis expert system yang digunakan untuk keperluan komputasi sains, seperti halnya Maple dan Mathematica. Aplikasi yang dibuat oleh MathWorks.inc ini sangat handal untuk komputasi yang terkait dengan array atau matriks. Selain digunakan untuk komputasi, MATLAB juga dapat dibuat untuk sarana simulasi.

Tool box-tool box sebagai pelengkap MATLAB juga disediakan dalam paketnya, seperti toolbox untuk keperluan fuzzy logic, artificial neural network, image processing dsb. Tool box ini berisi paket yang di dalamnya terdapat perintah-perintah untuk melakukan tugas khusus sesuai dengan nama tool boxnya, misalnya perintah untuk membaca nilai pixel suatu image, perintah ini terdapat dalam tool box image processing. Daftar nama-nama tool box ini dapat kita lihat sewaktu proses instalasi MATLAB.

Pada bagian ini, kita akan membahas dasar-dasar cara penggunaan MATLAB.

Untuk menuliskan perintah atau command perhitungan, dalam MATLAB sudah disediakan COMMAND WINDOW. Nah… di dalam COMMAND WINDOW ini terdapat tanda prompt >>. Di sinilah perintah MATLAB dituliskan, seperti halnya menuliskan perintah dalam DOS atau SHELL LINUX. Berikut ini contoh pemberian perintah untuk mencari hasil penjumlahan 3 dan 4.

>> 3 + 4

Apabila setelah menuliskan perintah di atas kemudian ditekan ENTER, maka hasil penjumlahannya langsung ditampilkan di bawah perintah tersebut, ditandai dengan ‘ans’ (answer)

>> 3 + 4
ans =

7

Apabila kita menginginkan output perhitungan tidak ditampilkan, namun hanya disimpan dalam memory, maka tambahkan tanda semicolon di akhir perintah.

>> 3 + 4;

Tampilan COMMAND WINDOW MATLAB memang berbasis teks, sehingga tampilan MATLAB tidak seindah Maple atau Mathematica.

Suatu saat mungkin kita menemui kesulitan dalam menuliskan perintah dalam MATLAB, mungkin karena lupa sintaksnya atau lupa nama perintahnya. Nah.. tidak usah khawatir karena MATLAB menyediakan fasilitas HELP. Bagaimana cara menampilkan HELP terkait dengan topik tertentu? Caranya cukup mudah, yaitu tinggal tulislah HELP dan dilanjutkan dengan topik yang diinginkan. Misalnya

>> help ops

Perintah di atas akan menampilkan penjelasan tentang operator-operator yang ada di MATLAB

>> help elfun

Sedangkan perintah di atas akan menampilkan nama-nama perintah untuk perhitungan matematis.

Untuk menampilkan daftar topik yang ada, ketikkan perintah

>> help

Kita juga dapat meminta penjelasan terhadap sintaks suatu perintah, yaitu dengan menuliskan HELP dan dilanjutkan dengan nama perintah. Misalnya

>> help abs

Perintah di atas akan menampilkan penjelasan tentang perintah abs(), cara penulisannya atau sintaks, termasuk juga contoh penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar